Friday 7 July 2017

Apa Itu Mobil Hybrid?



Mobil hybrid atau hibrida adalah kendaraan yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya. Hal ini biasanya mengacu pada sebuah mobil yang memiliki mesin bensin konvensional serta  baterai sebagai sumber tenaga. Salah satu sumber tenaga ini mungkin menjadi sumber daya utama dan yang lainnya berfungsi sebagai cadangan, atau kendaraan mungkin menggunakan satu sumber dalam situasi tertentu dan menggunakan yang lain dalam situasi yang berbeda.

Dua Sumber Daya

Mobil hybrid bekerja dalam berbagai cara. Mobil hybrid yang paling dasar didukung oleh mesin bensin tetapi juga menyimpan charge sebuah bank baterai. Banyak mobil hibrida juga mengisi baterai dengan menggunakan energi regenerasi yang diambil melalui sistem pengereman. Mobil hibrida biasanya akan beralih antara bensin dan tenaga baterai yang diperlukan. Misalnya, ketika adanya permintaan minimal pada mesin, mobil mungkin berhenti menggunakan bensin dan beralih ke tenaga baterai.

Sejarah

Teknologi ini telah ada sejak mobil diperkenalkan pada abad ke-19, karena sebagian besar kendaraan menggunakan kombinasi sumber energi untuk tenaga. Sebagai contoh, kebanyakan mobil memiliki baterai sebagai sumber daya untuk aksesoris mobil, seperti lampu depan. Pada akhir 1990-an, mobil hybrid dengan kekuatan lebih, mulai dianggap sebagai alternatif yang layak dan populer untuk kendaraan bensin.

Kelebihan

1.        Irit Bahan Bakar Minyak
Walaupun mobil Hybrid juga menggunakan mesin yang menggunakan bensin, tapi dalam hal konsumsi bahan bakar minyak, kelebihan mobil Hybrid sangat signifikan lebih irit bahan bakar di bandingkan mobil non Hybrid. Hal yang membuat mobil Hybrid irit bahan bakar, karena mesin mobil menggunakan bensin tidak hidup terus menerus. Di saat anda menghidupkan mobil Hybrid, mesin dengan bahan bakar minyak sama sekali tidak hidup. Sistem kelistrikan mobil Hybrid sepenuhnya di tenagai oleh baterai, baik audio, AC, power window. Saat anda menjalankan mobil Hybrid dalam kecepatan rendah, untuk menggerakkan mobil digerakkan oleh motor listrik bertenaga baterai. Dengan cara kerja ini, tentunya konsumsi bensin akan jauh lebih irit dari mobil non Hybrid.
2.        Rendah Emisi Gas Buang
Karena lebih sedikit membakar bensin pada mobil Hybrid, kelebihan mobil Hybrid tentunya rendah emisi gas buang.
3.        Minim Getaran & Rendah Suara Mesin
Saat anda mengemudikan mobil di kemacetan, suara mesin dan getaran mesin, yang membuat sebagian besar orang merasa tidak nyaman. Kelebihan mobil Hybrid, saat kemacetan mesin bensin tidak hidup dan yang menggerakan mobil Hybrid adalah motor listrik tenaga baterai. Hal ini membuat kelebihan mobil Hybrid sangat minim getaran dan suara sangat senyap.

4.      Peningkatan Performa Akselerasi & Kecepatan



Kekurangan

1.       Harga Jual Lebih Mahal
Harga jual dari mobil hybrid jauh lebuih mahal dari mobil nonhybrid. Contohnya saja harga All New Camry 2.5 Hybrid per 04 Januari 2017 dijual dengan harga Rp. 764.750.000 OTR Jakarta. Sedangkan Toyota All New Camry 2.5 V non Hybrid dijual dengan harga Rp. 599.700.000. Penyebab harga mobil Hybrid lebih mahal daripada mobil non Hybrid di kategori mobil yang sama, disebabkan oleh biaya produksi penambahan motor electrik dan baterai.
2.       Sistem Kelistrikan Sangat Rumit dan Mahal
Jika anda memiliki mobil Hybrid, untuk perawatan dan perbaikan, saat ini hanya dapat dilakukan di dealer resmi. Jika terjadi kerusakan pada sistem pengerak motor, sistem kelistrikan dan baterai, untuk perbaikan sangat mahal tentunya saat masa garansi telah berakhir. Umur baterai untuk pemakaian normal sekitar 8 – 9 tahun.
3.       Berbahaya Untuk Pengendara Motor & Pejalan Kaki
      Untuk jalanan di Indonesia, menggunakan mobil Hybrid berbahaya untuk pengendara motor dan pejalan kaki. Kenapa bisa lebih berbahaya? Bahayanya bukan pada mobil tapi pada pengendara motor dan pejalan kaki. Penyebabnya mobil Hybrid sangat sunyi dan tidak mengeluarkan suara saat mobil di gerakkan sepenuhnya oleh motor listrik. Karena tidak ada suara, maka pejalan kaki dan pengendara sepeda motor cendrung tidak hati-hati dan tidak menyadari adanya mobil yang bergerak disekitar pengendara motor dan pejalan kaki. 



0 comments:

Post a Comment

ABG tak tau diri nantangin BMW S1000RR